Minggu, 25 November 2018

Hari Guru 25 November 2018

Hari ini ada yang mengikuti latihan drama teater. Semua serasa menjadi kewajiban ketika semua hal itu dilakukan secara bersama, tidak akan menemukan sebuah alur yang lahir dari dirinya, sehingga rutinitas akan menjadi kegiatan utama dalam kehidupan, kreatifitas akan hanya menjadi hambatan.
Pada dasarnya semua harus mengikuti sebuah kreativitas lahir sebuah kebutuhan batin serta menjadikan rutinitas sebagai arah kedua lantaran segala perjalanan  perlu sebuah kenyamana.

Hari ini saya mencoba melakukan hal tersebut, walau pada dasarnya saya harus melakukan sebuah kebohongan kepada teman-teman sejawat serta seperjuangan dalam mensukseskan dalam tugas akhir dalam mata kulia praktik drama teater. Perjalanan sudah beberapa bulan, sudah tidak terasa sudah sampai pada hari yang hampir tiba dalam pementasan. Semua disibukkan dengan sebuah tujuan yang menyita kreativitas kebebasan diri manusia.

Setelah hujan turun manusia akan selalu memikirkan kenangan, terlalu milankoli dengan derasnya hujan ketika semua menjadi kenangan, kenangan akan menjadikan kita hidup apa akan hanya menjadikan kita redup, kenangan bukan hal utama dalam hidup, sebuah pelajaran akan menjadi berharga ketika manusia mampu membela akan dirinya dalam mencapai merdeka.

Tanggal 25, November 2018 ada banyak dari teman-teman mengatakan kalau hari ini hari guru nasional. Yang paling berharga memang guru yang paling berjasa adalah guru, masih mengingat pesan-pesan guru:
Aku masih ingat pesan salah satu guru SMA dulu
Untuk menjadi berkelas harus keras 
Untuk menjadi berkualitas harus totalitas
Untuk menjadi sufi harus menepi dan mencintai sunyi
Untuk menjadi gagah harus gigih
Untuk menjadi kuat harus tahan banting
Untuk menjadi berani harus latihan 
Untuk menjadi kaya harus hemat
Untuk menjadi camat harus menjabat
Untuk menjadi kiayi harus mengaji

Buku adalah sumber pengetahuan 
Alam adalah sumber pengalaman
Keadaan adalah sumber melangkah
Persoalan adalah sumber menemukan
Puisi adalah sumber cinta dalam berkarya 
Bahasa adalah sumber dalam bercerita 
Sastra adalah sumber berkarya
Karya adalah sumber meminta doa

Semua yang terjadi hari ini bukan hanya menjadikan kita menjadi kata-kata berharga. Seorang guru memiliki tujuan tentang apa yang harus ditiru, untuk menjadi seorang guru perlu keluasan hati agar tidak selalu mengelu. Guru sebagai orang yang ditiru sebelum ditiru harus meniru. Jika ingin menjadi guru yang baik jadilah seorang yang bijak.

Cara menjadi guru, belajar dari murid jika kita masih menjadi guru selalu menjadikan dirinya sebagai penyambung dan pengirim ilmu maka berhentilah, jadilah guru yang bisa diterima oleh murid karena ilmu ketika diterima menjadikan murid arif, ketika menjadi arif ilmu jadi dasar urip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar