Senin, 11 Desember 2017

Puisi "Anak kecil Belajar Bahasa"

Gambar:Brio.com

 "Anak Kecil Belajar Bahasa
 
 
A. fon awal yang tak aku pahami artinya?
B. fon kedua yang tak aku temui banyak artinya?
C. fon ketiga yang tak aku temui cara menemukan artinya? 
D. dasar apa yang harus aku mulai menemukannya?
E. entah harus bagaimana menemukan arti dari segalanya?
F. hanya ini yang ku fahami.
 
Aku anak kecil yang belajar bahasa Indonesia dari "Fon" hingga menjadi susunan kata yang tak satupun tahu artinya?
Apa karena aku masih muda dan masih belum luas membaca. 

Aku anak kecil katanya?
Kecil, apa hanya mengecilkan?
Jika kecil, karena direncanakan mendingan keluar, karena itu bukti kegagalan manusia.

Aku berdosa dibalang biasa
Aku disuruh kemana kemana aja, kalau capek akan berhenti
Dilepas tidak, mereka peduli

Aku kesakitan hanya menangiskan, mereka datang memanjakan
Dilang lucu membanggakan hingga lupa makan

Jika salah jalan dibiarkan, agar nanti memiliki keberanian "katanya"
Menggunakan bahasa yang lebay dibilang luar biasa.

Anak kecil sangat dibedakan
Apakah harus kita menyamakan seperti mereka, membaca tapi tidak dicerna
Seperti halnya anak muda pada umumnya
Berbangga dengan cara bahasa yang dikaguminya tanpa ada tindakanya.

Kita kaum muda apakah kita tetap seperti anak kecil, hanya bisa membuka kamus dan berbahasa dengan lingual yang berintelektual katanya.
Rasa-rasanya berbangga bermimpi masih muda, jika tidak hanya berintelektual dengan lingual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar