Sabtu, 06 Juli 2019

Kausalitas Raymond Carver Meninggal

foto:Kpg

Novela berjudul 'Raymond Carver Terkubur Mie Instan' menceritakan sebuah sejarah yang dikaitan dengan Mie. Yang beperan didalamnya  sebagai penghidup narasi ialah  tokoh 'kamu', yang serbatahu. Raymond ialah seorang cerpenis dari Amerika.

Dalam kutipan buku yang ada di belakang cover.

'Raymond Carver ditemukan meninggal dalam keadaan telanjang. Dia terkudmbur Mi instan di salah satu kamar Iowa Hose di Iowa City. Tiga puluh tahun setelah kejadian itu, Ray-seperti kebanyakan orang memanggilnya-diberitakan meninggal karena kanker paru-paru, tepatnya pada hari kedua bulan Agustus tahun 1988, namun Itu palsu.'

Novela yang ditulis Faisal Oddang memiliki ciri, bahwa narasi serta kesederhanaan tentang banyak hal pada saat di Iowa direkam dengan sederhana. Namun memiliki nilai estetika pencerita. Dan salah satu pembaca berpendapat pada saat diskusi, ia berpendapat "Membaca buku Raymond... Ini, seperti dipaksa untuk mengikuti pertanyaan yang jawabnya ada di belakang cerita." hal itu bisa dikatakan sebuah penerapan suspensi serta hukum kausualitas dalam penulisannya.

Bukunya yang dibuka dengan quotes "Kehidupan dan Kenyataan Sebuah Omong Kosong". Hal itu memberi sebuah gambaran bahwa kehidupan bukan hanya tentang kenyataan atau kehidupan, namun sebuah perjuangan yang ada dalam realita.
Bagaimana kehidupan ada yang sedih ada pula senang hal sebuah dinamika

A. Teeuw (2003: 151-285) menjelaskan bahwa sastra itu dapat dilihat dari dua segi, yaitu dari segi bahasa dan segi seni. Sebagai seni bahasa, sastra dapat didekati melalui aspek kebahasaan dan pertentangannya dengan pemakaian bahasa dalam bentuk lain, sedangkan sebagai suatu karya seni, Sastra dapat didekati dengan aspek keseniyannya.
Dalam sastra ada dua unsur utama, yaitu; 'isi' dan kedua 'bentuk'.

Isi, yaitu sesuatu yang merupakan gagasan/pikiran, perasaan, pengalaman, ide, semangat, dan tanggapan terhadap lingkungan kehidupan sosial yang ingin disampaikan pengarang terhadap pembaca.

Bentuk, yaitu media ekspresi yang berbentuk seni sastra, yang pada umumnya bermediumkan bahasa unsur yang mendukung totalitas makna yang terkandung di dalamnya.

foto: akhmad

Dari pemahaman pembacaan Novela ini hal yang menarik ada pada ketangkasan seorang penulis mengahadirkan cerita memukau dari fiksi autobiografi Raymond Carver Terkubur Mie Instan di Iowa. Diakaitkan dengan Mie hal ini bisa diinterpretasikan bahwa kesederhanaan dari makanan yang paling berada di tengah yaitu Mi. Mulai dari orang kaya hingga miskin pasti akan pernah mememakan Mi, khsusnya bagi orang di Indonesia.

Raymond Carver yang mati di Iowa Faisal Oddang mampu mengait dengan sebab kematiannya dengan Mi, bahwa ia meninggal dalam keadaan paling sederhana. Terkubur dalam Mie Instan, meninggal dalam keadaan paling sederhana jika difsirkan 'terkubur dengan mie' jika metafor Itu dimaknai.

Interpretasi di atas hanya bentuk paling sederhana yang saya mencoba melakukan menemukan makna sebagai pembaca, masih belum memiliki dasar teori lengkap. Pisau analisis yang digunakan hanya pada keterangan teks, serta dapat dari cerita langsung penulisnya Faisal Oddang, hasil Bacaan Shopia Mega, dan Wawan Eko Yuliayanto sebagai penerjemah. Tulisan ini hanya usalasan sederhana dari hasil diskusi bersama.


foto: wifipidia
Raymond Carver (1938-1988) adalah dewa cerpen Amerika yang terus dipuja hingga setelah kematiannya. ... What We Talk About When We Talk About Love ini berisi kumpulan cerita pendek dari penulis yang disebut-sebut sebagai dewa cerpen Amerika.

#Pengulas; Akhmad 2019

Tempat Di Kalimetro bincang Raymond Carver Terkubur dengan Mie Instan dengan Penulisnya Faisal Oddang, Buktuber Malang Shopia Mega, dan Penerjemah dan Penulis Wawan Eko Yuliyanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar