Kamis, 08 Maret 2018

Hilangmu Adalah Hadirmu, Untuk Sahabat Seperjuangan

voaislam.com


Sebelum genap beberapa bulan, beberapa hari yang lalu masih bisa berkumpul merumuskan sebuah cara bagaimana kita bisa merealisasikan sebuah wacana atau visi yang telah diwacanakan beberapa hari yang lalu. Kesatuan Mahasiswa Blega (KMB). Memiliki visi dua objek Sosial dan Pendidikan, menjadikan sasaran kita semua telah bersepakat untuk bisa memberikan fungsi sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa Blega yang berada di luar Blega, yang masih mencari pengetahuan di luar daerah masing-masing, namun tekad tujuan dalam merumuskan ranah untuk memberikan fungsi sederhana namun relevansinya dalam fungsinya masahasiswa ini bagian dari cita-cita para pendahulu kita, kesadaran tinggi dan memberikan sisa waktu untuk berbagi.
Kita semua terlahir dari anak desa, serta rakyat kecil, ketika yang kecil tidak berkumpul untuk menyatukan segala gerak pikiran kita untuk bisa melakukan kewajiban kita secara bersama maka kita tidak akan bisa untuk melakukan, kebaikan yang memiliki kaitannya dengan orang banyak, karena materi sebagai acuan terberat untuk bergerak. Dengan adanya bersama dengan tujuan dan tekad bersama akan terlahirlah batasan bergerak dalam kehidupan kita.
Setelah beberapa hari yang kita semua melakukan rancangan cara bagaimana nantinya akan bisa mengembangkan sebuah visi untuk ditunaikan secara bersama-sama, kita bersama-sama telah merumuskan cara nanti untuk bisa dilakukan di masyarakat. Salah satunya ialah teman kita yang telah mendahuli kita pulang ke Rahmatulloh, sudah menemukan nasib terbaiknya, yaitu mati muda. Zakiya sosok yang pendiam di antara anggota KMB lainya. Ia tidak berbicara ketika tidak diajak berbicara. Semoga akan selalu ada dalam setiap langkah KMB ke depan, dengan nilai-nilai baik, dengan niat yang terlahir darinya bergabung di rumah tanpa atap, hanya ada dalam ruang-ruang waktu tempat tidak tepat, namun rancangan jelas dalam merumuskan segala pikiran kita.
Sebagai sosok seperti itu ketika berkumpul kita sebagai teman lebih ekstra untuk bisa mengajaknya berinteraksi lebih dulu, serta mengajak gurau untuk bisa berbicara, mungkin itu yang menjadi kelebihan salah satu dari teman kita, menikmati hidup. Ia belajar di Bangkalan di Kampus STKIP, mengambil prodi Bahasa Inggris.
            Teman yang sering diajak bicara olehnya ialah Mila, masih saudaranya sendiri ternyata Alm. Zakiya tente darinya, sedangkan Mila ponakannya, seiring berjalannya waktu bersama dengan adanya KMB serta kegiatan berkumpul, yang biasanya kita berkumpul di rumah dari salah satu anggota KMB, yaitu Duwi lokasinya di Baban Blega. Tempat diskusi memecahkan masalah dan menemukan titik permasalahan yang bisa diambil hikmahnya untuk bisa membenahi apa yang seharusnya dilakukan, untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
            Zakiya beberapa hari yang lalu telah memutuskan bahwa dalam struktural KMB, Ia memilih untuk bergabung di divisi pendidikan, menyesuaikan dengan basic jurusannya Pendidikan Bahasa Inggris. Semoga saja ia bergabung dalam KMB ini terlahir dari hatinya yang tulus, bisa memberikan sebuah fungsi kepada masyrakata sebagai mahasiswa. Karena ini salah satu perjuangan untuk bisa memerdekakan orang lain, sedangkan pekerjaan yang senantiasa berkaitan dengan perjuangan orang lain untuk merdeka Ia adalah pahlawan. Arti dari pahlawan ialah berawal dari kata “pahala dan wan”. Kata “Pahala” artinya orang yang telah menerima kebaikan, sesuai dengan yang melakukan kebaikan timbal balik dari perbuatannya. Kata  “Wan”, imbuhan yang diadopsi dari bahasa Belanda “wan”’ berartikan “banyak”, jadi pahlawan orang yang memiliki nilai kebaikan yang banyak.
            Waktu telah berlalu hari ini akan menjadi masa lalu, serta masa depan akan menjadi masa lalu, maka rasa yang kadang kita rasakan bersama akan mudah hilang dengan singkatnya jarak dan waktu. Segala yang terjadi akan kita kembalikan kepada yang berkuasa Tuhan yang Maha Esa. Kebersamaan akan memiliki masa karena kita hidup di dunia, ketika kita sudah bisa melakukan hal maka kita akan memiliki sejarah.
Hal terbaik terlahir dari sebuah cara terbaik dan niat. Esensinya semuanya akan berakhir karena kita ada dalam kehidupan yang nyata, yang berharga akan tetap kita tinggalkan, dalam kehidupan manusia akan ada yang kekal sebuah tindakan yang terlahir dari hati, semoga Zakiya menjadi bagian dari kita memiliki misi dari tentang ini semua, KMB memberikan sedikit banyak berbagi bahagia pada mereka yang memiliki hak sama seperti kita, merasakan selarasnya manusia biasa, berharga, berjasa memberi makna pada sesama manusia dengan cara yang lebih mulia.
            Manusia berharga semoga keberadaanmu, selalu mengisi setiap kekosongan yang positif dalam diri manusia yang telah kau tinggalkan, serta keberadaanmu menjadikan sebuah inspirator dalam kehidupan kita, serta KMB akan selalu menghidupkan kamu dalam metafisika manusia, karena kamu juga menjadi salah satu bagian dari KMB, yang lebih dulu mengadap yang Maha Kuasa doa kita akan selalu menyertaimu, serta amal ibadahmu akan diterima, serta setiap kebaikan dari kegiatan yang baik dalam KMB ke dapan ini akan mengalir dalam kehidupan di sana.
Semoga hilangmu menjadi hadirnya kita bisa lebih bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar