Rabu, 19 Juni 2019

Mata Kata Merajut Peristiwa

Dalam kata akan menjadi peristiwa paling: Kunci Literasi kegagalan menulis puisi.

Mari berkontribusi; Hanya dengan tulisan akan abadi. Hanya dengan hati memahami teks memberi makna, semua insani tidak  menyukai aksi, aksi yang berpotensi radikal. namun ketika kesadaran hati tidak dapat diaplikasikan dengan turun ke jalan, maka definisi aksi jangan dimaknai sempit.

Di Spanyol pada rezim Jenderal Franco melakukan hal serupa pada 15 Januari 1939. Seusai kekalahan dari pasukan nasionalis, sisa-sisa pendukung Franco membakar Pompeu Fabra, perpustakaan utama yang menyimpan pelbagai buku dalam bahasa Catalan. Beberapa sejarawan mencatat para tentara melakukannya sambil meneriakkan “¡Abajo la inteligencia!” atau "Mampuslah Para Pemikir!"

Dilarang lantaran dikawatirkan akan mempengaruhi kesadaran masyarakat, hal ini membuktikan bahwa teks memberi kontribusi atas perubahan, namun perubahan yang akan terjadi akan secara evolusi, mungkin tidak akan secara revolusi.
Hal itu bisa diambil hikmahnya dan bisa mengetahui bahwa ada kekuatan literasi sangat signifikan teks yang akan dibaca akan menggerogoti logika dan naluri yang menjadi sentral peran hidup manusia. Dan akan membuka hati ketika hati telah sadar terbuka maka rasa memiliki inisisiasi bergerak secara konkrit, maka gerakan itu setara dengan turun jalan mungkin lebih efektif dari itu, karena teks menyerang naluri dan logika, merasuki jiwa-jiwa para pembaca. Mak aksi paling sederhana membuka kesadaran dengan melek literasi, dan paling tidak otak tidak diam berfungsi untuk mengasah ketajaman pikiran atas adanya fenomena yang mampu ditangkap, dan tertunai dalam tulisan.

Maka keabadian akan terjadi dalam jiwa-jiwa generasi yang bisa berfungsi pada Manusia dengan kesukaan estetika.

Gerakan Literasi yang masuk dalam diri akan memiliki nilai, jika diberi nilai dilihat dari pengaruhnya samahalnya dengan sebuah perjuangan, perjuangan yang bisa menyadarkan pentingnya dan menginat bahwa segala dari tugas manusia ialah membaca, ketika melewati batas pengetahuan bisa menuliskan apa yang bisa ditangkap; Fenomena dan peristiwa. Diceritakan melalui teks atau secara langsung yang lahir dari teks seperti flim. Flim sebagai penutup dari sebuah kesenian paling lengkap ada didalamnya.

Manusia bisa mengembangkan potensi dirinya bukan dilahirkan secara sempurna tahapan demi tahapan harus dilalui. Bukan sekedar mempengaruhi namun memperbarui dengan menggali potensi diri dilahirkan oleh manusia dipastikan oleh Pencipta, dari mana bisa merasakan bahwa semua peristiwa bisa dirasa sebab dari manusia, bukan dari semata Tuhan mengambulkan segala keadaan yang tidak dapat diharapkan oleh para penguhuni dunia, bukan hanya pengunjung dunia, yang akan memiliki masa secara hukum dunia. Ketika tidak memahami cacimakilah hatinya.

Dalam buku yang diberikan ke Budi Darma yang dari Editornya, buku berjudul "Menjelang Teori dan Kritik Susastra Indonesia yang Relevan", pada tahun 1981 bahwa kreativitas ternyata bukan sesuatu yang berdiri sendiri. Di samping merupakan aktivitas seorang seniman, kreativitas adalah suatu proses yang kompleks, menyangkut lingkungan sosiokultural. Seniman yang memiliki kretivitas beserta hasilnya Sebagai karya seni bukalah merupakan unsur yang terpisah dari masyarakat dan kebudayaan secara keseleruhan yang merupakan lingkungan seniman tersebut.

Akhmad 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar